SMA :SMA NEGERI 4 KENDARI
KELAS :2
SMESTER :GENAP
NO | ||
1 | KOMPETENSI DASAR | Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaman. |
2 | INDIKATOR | Kognitif Proses Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Produk Menentukan unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Menjelaskan maksud unsur intrinsik cerpen Psikomotor Menyampaikan unsur-unsur intrinsik yang telah ditemukan di dalam cerpen Menanggapi penjelasan tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman. Afektif Karakter Kerja sama Teliti Tanggap Keterampilan sosial Menyampaikan hasil diskusi dengan baik dan benar Membantu teman yang mengalami kesulitan. |
3 | TUJUAN PEMBELAJARAN | Kognitif Proses Setelah membaca cerpen yang disajikan, siswa diharapkan mampu menemukan unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen Produk Setelah membaca dan membahas hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa diharapkan mampu menuliskan kembali unsur-unsur intrinsik yang telah ditemukan. Psikomotor Secara berkelompok siswa dapat menyampaikan unsur intrinsik cerpen yang disediakan dalam LKS 1: psikomotor. Afektif Karakter Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan dalam perilaku seperti kerja sama, teliti dan tanggap. Keterampilan sosial Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam kerampilan menyampaikan hasil diskusi dengan bahasa yang baik dan benar, bekerja sama dalam kelompoknya, dan membantu teman yang mengalami kesulitan. |
4 | MATERI PEMBELAJARAN | Teks cerita pendek |
5 | MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN | Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit) Metode pembelajaran Diskusi Unjuk kerja Penugasan |
6 | BAHAN | Lembar kerja Spidol |
7 | ALAT | Teks Cerita Pendek |
8 | SUMBER PEMBELAJARAN | Buku: Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X Materi esensial Bahasa Indonesia Silabus |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar