RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan SMA Negeri 9 Kendari
Nama Pelajaran : Bahasa Indonesia
K e l a s : X
S e m e s t e r : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara:
Membahas cerpen melalui kegaitan diskusi
B. KOMPETENSI DASAR :
1.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau yang mengesankan dari cearpen melalui kegiatan diskusi
C. INDIKATOR :
1. Kognitif
a. Produk
Menjelaskan tentang konsep cerpen
b. Proses
Membaca teks cepen dan mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerpen.
2. Psikomotor
a. Menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen.
b. Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen (tema, penokohan,sudut pandang, latar, dan amanat) yang didengarkan
3. Afektif
a. Karakter
a. Kerja sama
b. Akomodatif
c. Tanggung jawab
d. Apresitif
b. Keteramplan sosial
a. Bertanya dan memberi tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar
b. Menyumbang ide
c. Menjadi pembaca dan pendengar yang apresiatif
d. Membantu teman yang kesulitan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
KOGNITIF :
a. Produk
1) Secara mandiri siswa dapat menjelaskan konsep tentang cerpen dalam teks bacaan dengan mengerjakan LKS 1 : Produk
2) Secara mandiri siswa dapat memberikan tanggapan dengan alasan yang logis pembahasan tentang unsur-unsur intrinsik teks cerpen yang didengar/disaksikan. LKS 1: Produk
b. Proses
Siswa diberi lembaran kerja berupa teks bacaan yang terdapat dalam LKS 2 Proses. Selanjutnya siswa diharapkan dapat :
1) Menentukan unsur-unsur intrinsik teks cerpen
2) Melakukan pembahasan mengenai unsur-unsur intrinsik cerpen yang telah didengarkan.
PSIKOMOTOR
a. Memberi tanggapan dengan alasan yang logis pembahasa unsur-unsur intrinsik teks cerpen yang telah didengarkan.
b. Membaca kan hasil kesimpulan yang dituliskan.
AFEKTIF
a. Karakter
Siswa terlihat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan di dalam berperilaku dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen yang telah didengarkan.
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat langsung dalam setiap pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen, bertanya dan kesimpulan isi unsur-unsur intrinsik cerpen dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, menjadi pembaca dan pendengan yang apresiatif, dan membantu teman yang mengalami kesulitan’
E. MATERI PEMBELAJARAN
a. Membaca intensif
b. Teks bacaan
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : demonstrsi
Metode pembelajaran : penugasan diskusi dan unjuk kerja
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
A. Kegiatan Awal (15 menit)
1. Memotivasi siswa
2. Apersepsi dengan mengali pengalaman siswa tentang drama yang pernah dipelajari.
3. Menjelaskan kompetensi dan indikator yang akan dicapai.
4. Mengemukakan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti (¬55 menit)
Tahanp 1
1. Siswa duduk dalam kelompok-kelompok kecil /mandiri yang terdiri atas perorangan atau kelompok beberapa orang anggota.
2. Siswa membaca cerpen yang telah disiapkan oleh guru dalam LKS
3. mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerpen yang telah disediakan dalam LKS
4. Siswa menganalisis/berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan unsur-unsur intrinsiknya
5. Siswa secara mandiri/berdiskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung.
6. Secara bergiliran siswa mempresentasekan hasil kerja mandiri/kelompok di depan kelompok lain untuk ditanggapi dan didiskusikan.
Tahap 2
7. Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan unsur-unsur intrinsik cerpen dengan mengembangkan prinsip saling menyumbangkan ide. Siswa menunjukan sikap pendengar yang apresiatif ketika temannya menyumbangkan ide.
8. Siswa menyimpulkan penjelasan berdasarkan pembacaan hasil kerja kolompok, seraya membantu teman sejawat yang merasa kesulitan.
9. Siswa menunjukan sikap apresiasi terhadap hasil kerja teman kolompok lain.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
11. Siswa membuat rumusan kesimpukan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
12. Siswa menyampaikan kesan yang baik dengan mengunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi
13. Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa.
14. Guru memberi penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
15. Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas yakni menganalisis cerpen lain.
I. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku teks
2. Buku referensi yang relefan dengan pembelajaran.
J. PENILAIAN
Indikator Indikator soal Teknik Bentuk Instrumen
Mampu membaca teks cerpen Disajikan sebuah cerpen siswa mampu membaca dengan baik dan benar Tes penugasan Tes tertulis Setelah membaca siswa dapat menilai kemampuan membacanya
Mampu menceritakan kembali isi cerpen dengan kata-kata sendiri Disajikan contoh cerpen, siswa mampu menceritakan kembali isi cerpen denga kata-kata sendiri Lisan Setelah bercerita siswa dapat menilai kemampuan menceritakan sebuah cerpen dengan kata-kata sendiri
Mampu
mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan,alur, sudut pandang, latar, dan amanat) cerpen yang dibacaan Disajikan contoh cerpen, siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan,alur, sudut pandang, latar, dan amanat) cerpen yang dibacaan Lembaran isian Berdasarkan bahan bacaan cerpen, siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan,alur, sudut pandang, latar, dan amanat) cerpen yang dibacaan
Mampu mengidentifikasi kalimat langsung dan kalimat tidak langsung Disajikan contoh cerpen, siswa dapat mengidentifikasi kalimat langsung dan kalimat tidak langsung Unjuk kerja Menuliskan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
BAHAN AJAR
A. UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN
…………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………..
B. Contoh cerpen
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tugas
1. Ceritakan kembali isi cerpen tersebut dengan kata-kata sendiri.
2. Ungkapkan hal-hal yang menarik atau yang mengesankan dari cerpen tersebut.
3. Diskusikanlah unsur-unsur intrinsik dari cerpen tersebut bersama kelompok anda
4. Indentifikasilah kalimat langsung dan tidak langsung dari cerpen tersebut.
LKS 1 = Kognitif : Produk
Jelaskan konsep tentang cerpen
LKS 2 Kognitif : Proses
Berdasarkan hasil bacaan di atas, ceritakan kembali isi dari cerpen tersebut dengan kata-kata sendiri.
Tugas
1. Carilahlah contoh cerpen lain lalu bacalah dengan intensif.
2. Tentukan unsur-unsur intrinsiknya.
3. Diskusikan dengan teman kelompok anda.
LKS 3 Afektif : Perilaku Berkarakter
PETUNJUK
A= sangat baik B = memuaskan
C= menunjukan kemajuan D = memerlukan perbaiakn
FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
NO
Rincian Tugas Kinerja (RKT) Memerlukan Perbaiakan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan
(B) Sangat Baik (A)
1 Kerja sama
2 Akomodatif
3 Bertanggung jawab
4 Apresiatif
5
Hari, Tanggal :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar