Selamat Datang di Blogger "SASTRALISAN" Semoga Bermanfaat

Sabtu, 26 Mei 2012

orasi politik calon bupati konsel

Assalamu alaikum wr.wb

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunianya kepada kita semua. Niakmat yang begitu banyak, baik nikmat kesehatan, nikmat sempatan, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangkat menyambut pesta demokrasi yakni kampanye politik calon bupati Konawe Selatan.
Salam dan salawat kepada Nabi kita, Muhammad SAW yang telah mengajarkan manusia suatu amalan yang dengannya manusia memporoleh keselamatan hidup di dunia dan akhirat kelak.
Saudara-saudara yang saya hormati,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenalkan diri saya La Hamadi sebagai calon bupati Konsel yang diusung oleh partai keadilan sejahtera (PKS) dengan nomor urut pilihan 1. Saya sebagai kandidat bupati Konsel menyatakan siap bertaruh pada pemilihan bupati Konsel priode 2013-2017. Pada sempatan ini pula, saya menyatakan kesiapan diri saya untuk memimpin Konsel untuk mewujudkan pembangunan masyarakat Konsel yang makmur dan sejahtera.
Saudara-saudara yang saya hormat,
Konsel merupakan kabupaten yang tergolong muda dibandingkan dengan kabupaten lainya di Sultra. Konsel terdiri atas 22 kecamatan dengan luas wilayah 451.421 Ha atau 11,8 % dari luas wilayah daratan Sultra. Konsel memiliki sejumlah potensi antara lain :
1.    Pontensi wilayah berupa letak geografi yang cukup strategi
2.    Wilayah kelautan yang memiliki perairan sekitar 9.368 km yang menghasilkan berbagai macam jenis ikan.
3.    Perkebunan yang menghasilkan berbagai macam buah-buahan, sayur-sayuran, coklat, kelapa dan lain-lain.
4.     Area  pertanian berupa daerah persawahan yang terhampar luas di beberapa kecamatan yang berpotensi menjadikan Konsel sebagai daerah penghasil beras.
5.    Pertambangan berupa batu marmer di Moramo, batuan ultra di Kecamatan Kolono, nikel yang terhampar luas di kecamatan Palangga, Lainea, dan laeya.
6.    Jumlah penduduk yang berpotensi tersediahnya tenaga kerja.
Saudara-saudara yang saya hormati,
Konsel sebagai kabupaten yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai sektor kehidupan dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki semangat yang tinggi untuk membangun daerah Konsel guna mewujudkan pembangunan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Jika kita cermati fakta dalam masyarakat Konsel seperti angka kemiskinan yang tergolong cukup tinggi terutama bagi masyarakaat yang bermukin di daerah pesisir yang masih minim tersentuh usaha pembangunan, kurangnya lapangan kerja, jumlah pengangguran yang semakin bertambah, banyaknya anak-anak yang putus sekolah karena alasan ekonomi, angka kematian ibu dan bayi yang tinggi yang disebabkan minimnya sarana kesehatan bagi masyarakat, sarana  pendidikan yang belum merata terutama daerah pedesaan, sarana air bersih, juga areal pertambangan yang belum dikelola secara maksimal.
Saudara-saudara yang saya hormati,
Sejumlah permasalahan yang terjadi dalam masyarakat Konsel, merupakan suatu tantangan yang kita harus jawab dengan satu kata yakni pembangunan. Jika saudara-saudara sekalian mengharapkan pembangunan Konsel yang berpihak kepada rakyat, maka saurdara-saudara harus memilih seorang pemimpin yang memiliki loyalitas dan kemampuan membangun. Pemimpin yang baik adlah pemimpin yang selalu mengutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan partai dan keluarganya. Rakyat butuh bukti bukan janji, rakyat butuh solusi bukan polusi.
Saudara-saudara yang saya hormati,
Dalam kesempatan ini pula saya selaku calon bupati Konsel akan menyampaikan visi dan misi sebagai calon bupati Konsel.
Visi saya adalah “Dengan semangat demokrasi mari kita wujudkan pembanganan Konsel menuju masyarakat Konsel yang makmur, sejahtera, sehat, dan  mandiri”.
Saudara-saudara yang saya hormati,
Untuk mewujudkan visi tersebut, saya akan merealisasikan dalam program pembangunan dalam berbagai bidang antara lain :
1.    Ideologi. Sebagai warga negara yang yang baik taat dan patuh kepada ideologi negara kita pancasila sebagai ideologi nasional yang sesui dengan cita-cita dan kepribadian bangsa kita.
2.    Bidang politik. Sebagai calon bupati  Konsel saya akan menjalankan politik yang bersih, terutama dalam suasana menghadapi politik bangsa yang kadang tidak menentu saya menghimbau kapada saudara-saudara sekalian untuk saling menghormati perbedaan-perbedaan dengan saudara-saudara kita yang berbeda politik, hindari prasangka buruk. Sebagai warga negara kita bebas menentukan pedapat atau pilihan tanpa ada paksaan dari pihak lain.
3.    Bidang ekonomi. Jika saya terpilih maka saya bertekad untuk membangun perekonomian Konsel dengan prisip ekonomi kawasan yang berorientasi pada ekonomi kerakyatan terutama pada sektor pertanian, perikanan dan pertambangan.
Pada sektor pertanian, saya akan mencanagkan gerakan Konsel mandiri pangan melalui   usaha :
    Peningkatan produksi pangan dengan perluasan kawasan pertanian.
    Pembangunan sarana dan prasarana pertanian berupa jalan usaha tani.
    Memberikan bantuan pupuk, peralatan pertanian, obat-obatan dan modal kepada para petani.
    Pengolahan dan pemasaran hasil pertanian yang berkelanjutan.
Sektor pertambangan. Konsel memiliki sejumlah areal tambang yang belum diolah secara maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya modal dari para pengusaha tambang. Oleh karena itu untuk membangun ekonomi pada jalur pertambangan ini saya akan mendatangkan para investor untuk menanamkan modalnya di Konsel ini dengan mengelolah daerah-daerah pertambangan yang diharapkan dapat menampun tenaga kerja lokal. Dengan ini diharapkan pula dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan perekonomian Konsel.
Sektor perikanan. Sebagaian besar penduduk Konsel bermukin di persisir dan masyarakat umumnya tergolong miskin. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan masyarakat pesisir, maka yang akan menjadi pehatian utama adalah pembangunan sarana pelabuhan bagi para nelayan, bantuan peralatan bagi para nelayan, membangun tempat pelelangan ikan yang memadai di daerah pesisir. 
4. Bidang sosial dan kebudayaan. Pembangunan bidang sisoal yang menjadi perhatian utama adalah pendidikan dan kesehatan.
Untuk bidang pendidikan, saya mencanangkan program Konsel cerdas dan beriman.
    Membuka akses pendidikan secara merata kepada seluruh rakyat dengan menambah anggaran pendidikan untuk operasional belajar mengajar.
    Menciptakan iklim sadar pendidikan dengan membangun gedung sekolah pada wilayah yang kekurangan fasilitas sekolah
    Menambah tenaga pengajar dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA dengan kualifikasi sarjana,
    Membebaskan biaya pendidikan bagi masyarakat miskin.
    Membangun sarana dan prasarana ibadah, penyuluhan dan pendidikan keagamaan diberbagai jenjang pendidikan formal dan nonformal.

Bidang kesehatan :

    Membangun pusat kesehatan masyarakat
    Pengadaan tenaga kesehatan seperti dokter, bidan, dan perawat
    Pengobatan gratis bagi masyarakat miskin melalui jamkesmas



5.  Bidang pertahanan dan keamanan
 Program saya adalah mengeluarkan perda larangan penjualan minuman keras dan sejenisnya sebab selama ini keamanan dalam masyarakaat sering terganggu bermula dari minuman yang mengandung alkohol.  Penegakan hokum yang adil, menindak tegas setiap pelanggaran hukum.
Saudara-saudara yang saya hormati,
Semua program yang telah saya sebutkan ini akan terwujud apabila ada dukungan dan partisipasi dari saudara-saudara sekalian dalam memilih calon bupati nanti. Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada saudara-saudara sekalian untuk mendukung dan memilih saya sebagai bupati Konsel guna mewujudkan pembangunan rakyat makmur merata (peramata). Ajaklah semua keluarga, family teman-teman, dan seluruh masyarakat untuk mendukung dan memilih saya sebagai bupati Konsel. Suara anda adalah hidup kita semua. Mari kita satukan langkah satukan hati guna membangun Konsel yang kita cintai ini.
Demikianlah kampanye politik saya, atas perhataian dan dukungannya saya ucapkan banyak terima kasih.
Wasalamu alaikum wr. wb.












TUGAS  RETORIKA

KAMPANYE POLITIK CALON BUPATI KONAWE SELATAN



OLEH
LA HAMADI
A2D1 09120



JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS PENDIDIKAN DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS HALUOLEO


KENDARI
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar